4 Gejala Kerusakan Kopling Mobil yang Harus Kita Waspadai

Merawat mobil bukanlah perkara sulit bila kita senantiasa melakukannya secara teratur. Kerusakan-kerusakan minor pada mobil harus diatasi sedini mungkin agar tidak menyebabkan kerusakan yang lebih parah lagi. Salah satu komponen mobil yang harus selalu diperhatikan kondisinya adalah kopling.

Biasanya kopling yang rusak akan menunjukkan gejala-gejala tertentu. Kalau empat gejala ini terjadi pada kopling mobil kita, berarti kita harus segera memeriksakannya ke bengkel terpercaya:

Bau Terbakar Saat Menginjak Kopling

Jangan mengabaikan bau terbakar yang timbul ketika kita mengendarai mobil. Karena bau tersebut menunjukkan bahwa kopling tidak mendorong bagian kampasnya secara maksimal. Kondisi kampas kopling dan flywheel yang mengalami selip dan terus bergesekan akan menimbulkan kerusakan kopling. Jika dibiarkan terus-menerus, kampas kopling tentu jadi mudah rusak.

Timbul Bunyi Gemeretak Ketika Perpindahan Gigi

Kita juga wajib waspada bila ada bunyi gemeretak yang muncul sewaktu memindahkan gigi. Bunyi gemeretak mengindikasikan kondisi plat kopling yang aus atau tidak kembali ke posisi semula dengan sempurna. Hal ini juga menyebabkan proses perpindahan gigi jadi terasa sulit kalau kita tidak segera memperbaiki komponen plat kopling.

Kopling Tergelincir

Ternyata kondisi plat kopling yang aus juga bisa menyebabkan kopling tergelincir. Di samping itu, plat kopling yang terkena gemuk juga dapat mengakibatkan gaya gesek kopling berkurang. Akibatnya, kopling tidak dapat memindahkan tenaga mobil dengan sempurna. Kinerja mobil jadi semakin berat dan penggunaan bahan bakarnya semakin boros.

Kopling Blong

Bukan hanya komponen rem mobil yang dapat mengalami blong. Kopling blong juga tak kalah berbahaya dan harus ditangani dengan benar. Salah satu gejala kopling blong adalah rem terasa ringan ketika diinjak. Kerusakan pada sistem hidrolik rem akan menyebabkan sistem hidrolik kopling ikut rusak. Jangan sampai kerusakan tersebut jadi berlarut-larut dan mengganggu keamanan berkendara.

Menjaga kondisi mobil agar performanya tetap prima memang penting. Namun, memilih asuransi mobil berkualitas juga tak kalah penting. Asuransi mobil akan memproteksi mobil kesayangan kita dari berbagai risiko tak terduga. Sehingga kondisi finansial kita akan senantiasa stabil tanpa terganggu oleh kerusakan mobil.

Sekarang, mari cari asuransi mobil secara online di Futuready. Karena supermarket asuransi terpercaya se-Indonesia tersebut sudah menyiapkan ragam pilihan asuransi berkualitas. Futuready adalah solusi terbaik bagi kita yang membutuhkan asuransi mobil sesuai kebutuhan.

 

Post Author: hairihasbi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *