5 Rahasia Mengelola Uang Ala Miliarder

Siapa coba yang tidak mau menjadi seorang milyarder? Milyarder tentunya memiliki setumpuk uang, mengelola beberapa perusahaan, dan sering memberikan khotbah-khotbah tentang entrepreneurship. Jadi hidup seorang milyarder ini tentunya sangat berwarna, jauh dari kata boring. Meskipun tak semua milyarder hidupnya ‘bahagia’, namun hasrat menjadi seorang milyarder memang dimiliki setiap orang. Jika kamu ingin menjadi seorang milyarder, minimal kamu mempraktekan berbagai kebiasaan yang sering dilakukan oleh para milyarder. Apa sajakah itu? Nah langsung saja, berikut ini kami akan membahas 5 rahasia mengelola uang ala miliarder.

  1. Prioritaskan Kebutuhan Sehari-hari

Jika kamu ingin menjadi seorang milyarder, maka pasca gajian, jangan langsung membeli barang-barang yang kamu inginkan. Pasca gajian, kamu mesti membayarkan seluruh kebutuhanmu terlebih dahulu. Jika kamu lebih memprioritaskan sepatu branded daripada tagihan listrik atau lebih memprioritaskan gitar mahal daripada biaya sekolah anak, maka kamu tak akan pernah bisa menjadi seorang milyarder. Seorang milyarder selalu menerapkan pengelolaan uang yang sangat ketat, bahkan untuk hal-hal sepele seperti kebutuhan rumah tangga. Jadi kapanpun kamu mendapatkan uang, baik uang gaji dari perusahaan maupun proyek lainnya, kamu wajib memprioritaskan kebutuhan sehari-hari seperti biaya dapur, biaya listrik, biaya pendidikan, dan lainnya.

  1. Jalan Kaki atau Bersepeda

Tahukah kamu, bahwa kebanyakan milyarder dalam kesehariannya selalu menerapkan lifestyle sederhana? Tokoh-tokoh milyarder seperti Mark Zuckerberg atau Bill Gates dalam kesehariannya tak pernah jauh dari aktivitas-aktivitas sederhana seperti jalan kaki dan bersepeda. Jadi jangan pernah gengsi menerapkan hal-hal sederhana seperti jalan kaki atau bersepeda. Tiga manfaat yang bisa diambil yaitu badan menjadi lebih sehat, uang bulanan menjadi lebih hemat, dan orang-orang tersadarkan karena kebiasaan baikmu tersebut.  Apalagi jika kantor atau kampusmu lokasinya lumayan dekat, maka jangan ragu untuk jalan kaki atau bersepeda. Jika kamu menerapkan lifestyle ini, kamu bisa mengelola uang lebih efektif lagi.

  1. Manfaatkan Setiap Kesempatan

Kamu mungkin pernah mendengar kisah mengenai perjuangan Mark Zuckerberg dalam mendirikan Facebook. Awalnya ide bisnis Mark ditolak oleh rekan-rekannya, namun Mark melihat adanya kesempatan. Begitupun dengan kamu, kamu mesti memanfaatkan setiap kesempatan yang ada, agar kamu bisa mengelola keuangan lebih baik lagi. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan Tokopedia free ongkir. Jadi ketika kamu shopping di Tokopedia, kamu tak perlu mengeluarkan biaya ongkos kirim karena sudah ditanggung oleh marketplace satu ini. Agar kamu bisa menghemat budget bulananmu, sebaiknya manfaatkan promo Tokopedia free ongkir ini.

  1. Kurangi Nongkrong Tak Penting

Agar kamu bisa mengelola keuangan lebih baik lagi, sebaiknya hindari nongkrong yang tidak terlalu penting. Nongkrong yang tidak penting ini misalnya seperti ketika teman-temanmu mengajak nongkrong tanpa tujuan sama sekali, selain menghabiskan uang saja. Nah tipe nongkrong seperti itu yang mesti kamu hindari. Nongkrong menjadi lebih berfaedah jika ada nilai didalamnya, misalnya seperti silaturahmi dengan teman lama atau membicarakan sebuah proyek bisnis. Jadi kamu boleh saja menghambur-hamburkan uang untuk nongkrong, asal nongkrong tersebut memberikan faedah, baik itu untuk memperluas jaringan ataupun memang karena urusan bisnis.

  1. Jangan Terpengaruh Tren

Jika kamu mengamati style berpakaian Mark Zuckerberg, maka kamu pasti menemukan adanya kesederhanaan. Mark sangat jarang memakai pakaian-pakaian supermahal. Ia bersama istrinya selalu menggunakan pakaian-pakaian kasual seperti orang-orang biasa. Seorang Mark Zuckerberg saja tidak terpengaruh tren, apalagi kita yang orang-orang biasa? Jika ada tren tertentu yang sedang happening, maka kamu jangan langsung mengikutinya. Misalnya sedang happening merek ponsel tertentu dan semua orang akhirnya membeli ponsel tersebut, maka kamu jangan ikut-ikutan. Biarkan orang lain yang menjadi korban tren, kamu jangan. Belilah produk-produk yang benar-benar kamu butuhkan, bukan produk-produk yang orang lain beli. Hindari sikap konsumtif, agar kamu mampu menghemat budget bulananmu lebih baik lagi.

 

Jika menjadi milyarder rasanya terlalu sulit, minimal kamu menerapkan berbagai kebiasaan yang biasa dilakukan oleh milyarder. Khususnya untuk pengelolaan keuangan, maka dengan menerapkan beberapa tips diatas, menjadi milyarder rasa-rasanya bukan hal yang mustahil, semoga bermanfaat.

 

 

Post Author: hairihasbi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *