Ajarkan 5 Hal Ini untuk Mendukung Pertumbuhan Anak 3 Tahun

Pertumbuhan Bayi 0 Sampai 12 Bulan yang Harus Anda Tahu

Pertumbuhan anak 3 tahun didukung oleh banyak sekali hal baik itu dari nutrisi yang diberikan kepadanya ataupun dari stimulasi dan didikan yang diberikan oleh orang tua. Selain memilih susu formula yang tepat, Anda tentu juga harus mengajarkan beberapa hal penting yang akan mendukung potensinya di usia 3 tahun ini agar anak tidak mengalami keterlambatan apapun dalam berkembang. Apa sajakah hal tersebut? Scroll down pelan-pelan.

  • Ajarkan Ia Berpakaian Sendiri

Pertumbuhan anak 3 tahun ini sudah seharusnya mandiri dalam melakukan kegiatan-kegiatan kecil dalam kesehariannya. Salah satu hal yang harus sudah bisa dilakukan oleh anak adalah berpakaian sendiri. Para orang tua pun sebaiknya tidak menunda-nunda. Targetkan bahwa anak Anda harus bisa berpakaian sendiri di usia 3 tahun. Bantulah ia sedikit demi sedikit dengan penuh kesabaran.

  • Sudah Saatnya Anak Makan Sendiri

Tak jarang saya melihat ada anak yang sudah duduk di bangku sekolah dan masih minta disuapi makan oleh ibunya. Hal seperti ini bukanlah cara yang benar dalam mendidik anak. Idealnya, anak sudah mulai belajar makan sendiri di usia 3 tahun. So, don’t miss this step, bunda. Anda harus mengajarkannya makan sendiri tepat di usia 3 tahun. Tapi sekali lagi, tentu saja Anda harus mengajarkan dengan kesbaraan penuh.

  • Ajak Ia Mengobrol

Normally, anak usia 3 tahun pasti sudah cerewet alias banyak berbicara dan setidaknya mereka sudah mengantongi 300-an kosakata dalam kepala mereka. Alangkah baiknya jika orang tua mengembangkan kemampuan berbahasa anak dengan cara menanyakan beberapa hal sederhana kepadanya dan mengajaknya untuk mendiskripsikan.

Misalnya, Anda bisa bertanya mengenai rasa makanan yang ia makan. Anda juga tidak boleh hanya bertanya melainkan harus ikut serta mendeskripsikan agar pembendaharaan kata anak semakin bertambah.

  • Ajarkan Anak untuk Berbagi

Hal ke-4 ini sangat krusial alias penting untuk diterapkan pada si anak. Memang, Anda tidak boleh heran jika anak di bawah usia 3 tahun memiliki sifat egosentris yang tinggi. Maklumi saja, namun ketika mereka sudah mencapai usia 3 tahun, lazimnya ego sudah berkurang dan inilah saat yang tepat bagi Anda untuk mengajarkannya berbagi kepada sesama.

  • Ajarkan Meminta Maaf

Berhubungan dengan poin sebelumnya yakni mengenai ego. Anak di usia 3 tahun ini sudah bisa dan harus diajarkan untuk meminta maaf apabila ia melakukan kesalahan kepada siapapun baik orang tua, saudara maupun teman sebayanya. Namun, Anda perlu ingat bahwa Anda pun tidak boleh egois. Anda juga harus meminta maaf ketika Anda melakukan kesalahan. Bukankah anak-anak itu mencontoh? Jadi, contohkanlah yang baik.

Sampai di sini, Anda mungkin bertanya, “Apakah cukup itu saja yang diajarkan kepada anak 3 tahun?” Jawabannya, tidak, karena tentu masih banyak lagi hal lain yang baik utuk diajarkan kepadanya. Tapi, apapun itu, ingat selalu untuk mengajarkan sesuai usianya dan memberinya contoh serta jangan lupa untuk memberinya nutrisi melalui susu formula terbaik. Semoga bermanfaat.

Post Author: hairihasbi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *