Bagaimana Biar Saat Ramadhan Tidak Naik Berat Badan

Bulan Ramadhan seringkali jadi waktu yang rawan bagi para pria maupun perempuan mengalami kenaikan berat badan. Namun jangan salahkan bulan Ramadhan, karena puasa adalah ibadah yang dimana dianjurkan menahan makan minum dan segala hawa nafsu, puasa tidak membuat kita gemuk malah akan membuat kita lebih sehat, sebenarnya kebiasaan pola makan yang tak sehat lah yang menyebabkan tubuh gemuk selama Ramadhan.

Kebiasaan orang- orang banyak makan cuman mereka kurang berolahraga saat bulan puasa, tidak perlu olahraga yang berat cukup yang ringan saja dapat dilakukan.  Dalam hal ini berbagai  cara agar kamu tak kalap saat berbuka sehingga selama Ramadhan berat badanmu tak naik.

  • Perbanyaklah Minum

Banyak minum air putih dapat menghilangkan dehidrasi anda sejak berbuka hingga sahur nanti. Minumlah juga air kelapa muda karena air kelapa muda sangat baik untuk menganti cairan dalam tubuh anda.

  • Usahakan Tidur Siang

Kenapa Harus tidur siang, karena tidur bagi yang berpuasa adalah ibadah tapi ya janagn tidur selalu cukup hanya untuk mengistiratkan tubuh setelah bekerja. Tidur juga bisa membantu anda melewatkan pausa 1 hari karean anda akan lupa rasa lapar dan haus sehingga anda dapat lebih nyaman menjalankan ibdah puasa.

  • Puasa minum kopi

Usahakanlah sebulan saja anda berhenti minum kopi, baik itu saat anda  berbuka ataupun ketika sahur. Kandungan kafein yang ada dalam kopi tidak hanya akan membuatmu susah akan tidur, namun juga menjadi penyebab anda dehidrasi, serta bisa memperparah bagi anda yang punya penyakit lambung.

  • Berada di ruangan yang sejuk

Jagalah selalu suhu tubuh anda agar tidak terlalu panas pada siang hari pada saat menjalankan ibadah puasa, hal ini dapat membuat anda nyaman saat puasa nanti. Berada ditemapat sejuk tidak berarti anda harus dirunag be-Ac, anda juga bisa mencari tempat seperti kebun karet karean cuaca dikebun reltif sejuk yang rimbun akan pohon-pohon karet.

  • Lakukan aktivitas

Agar anda dapat mengalihkan perhatian supaya tidak mudah merasa lapar serta haus, cobalah melakukan berbagai aktivitas yang dapat membuat anda cukup sibuk, cukup lakukan aktivitas yang ringan dan bisa dilakukan saat anda menjalankan ibadah puasa saja, dan yang pasti itu aktivitas yang menyenangkan.

  • Perbanyak makan sayur dan buah

Cobalah saat berbuka dan sahur kurangi makan-makanan yang berlemak. Lebih baiknya anda, perbanyak  makan buah serta sayur. Kandungan serat pada buah dan sayur dapat membantu anda lebih lama merasakan kenyang.

  • Jangan bepikir berat badan turun

Kebanyakan orang salah dalam mengartikan apa itu puasa mereka berpikir saat menjalankan ibadah puasa akan menurunkan berat tubuh. Namun hal yang terjadi pada anda ketika puasa adalah makan berlebihan sehingga yang menjadi hasil pada saat lebaran berat tubuh anda bertambah. Kalau anda ingin berkurang berat tubuh cobalah imbangi makanan dan olahraga.

 

Post Author: hairihasbi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *