Beberapa Cara Sederhana untuk Sedekah dengan Mudah

Dengan sedekah itu artinya memberikan sebagian hartanya untuk masyarakat yang membutuhkan hanya karena Allah. Makanya setiap sumbangan yang diberikan harus didasari dengan ketulusan dan keikhlasan hati pemberi. Bantuan dapat bermacam-macam mulai dari makanan, harta seperti uang, pendidikan, atau lainnya. Pemberian bantuan itu dilakukan atas kesadaran hati ingin membantu meringankan beban saudaranya yang ada disekeliling. Jika hal tersebut dilakukan dengan paksaan tentu tidak akan mendapatkan pahala, sebenarnya bukan mengharap imbalan juga tetapi Allah memang telah menjanjikan pahala bagi mereka yang mampu menyisihkan sebagian hartanya untuk orang lain.

Banyaknya kesenjangan sosial yang ada di negara ini tentunya setiap orang harus mempunyai rasa solidaritas untuk membantu sesama yang lebih membutuhkan. Tidak perlu besar untuk berbagi, sekecil apapun tetapi ikhlas itu lebih baik dari pada besar tidak ikhlas. Dari mulai kemiskinan, kurangnya pendidikan, bencana alam, atau lainnya yang memang perlu untuk mendapatkan bantuan. Tidak heran jika sekarang ini muncul banyak penyalur bantuan membentuk organisasi. Mereka lebih meyakinkan dalam penyaluran bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan. Tetapi bagi Anda yang ingin membantu sesama dalam bentuk penyaluran dana bisa juga mendaftar sebagai anggota.

Kemajuan teknologi sekarang ini memudahkan segala sesuatunya untuk dilakukan, begitu juga dengan penyaluran dana bantuan. Anda bisa mendaftarkan diri sebagai penyumbang melalui online ataupun offline. Berikut ini perbedaan antara keduanya, antara lain:

  • Bantuan secara offline.

Cara ini adalah melakukan pemberian bantuan secara langsung kepada pihak yang ingin dibantu. Atau bisa juga langsung datang ke salah satu kantor organisasi sosial yang menyalurkan bantuan kepada masyarakat. Seperti UNICEF, merupakan organisasi bentukan PBB yang sangat konsen terhadap pemberian bantuan kepada seluruh negara berkembang. Kantornya juga telah tersedia diberbagai daerah di Indonesia.

  • Bantuan secara online.

Selanjutnya karena kemajuan jaman jadi dalam memberikan bantuan pun bisa melalui online. Contohnya begini Anda ingin melakukan sedekah ke orang yang membutuhkan melalui organisasi UNICEF. Nah, Anda bisa langsung membuka website resminya dan pilih pada kolom pemberian donasi online. Disitu akan muncul beberapa kolom mengenai data diri maupun jumlah dana yang akan disumbangkan untuk diisi.

 

Post Author: hairihasbi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *