Belajar Desain Grafis Itu Menguntungkan! Ini Alasannya

Desain grafis merupakan salah satu bentuk seni yang dewasa ini kian banyak digemari oleh masyarakat, khususnya bagi anak muda. Desain grafis sendiri merupakan bagian dari seni visual, atau seni yang bisa dinikmati dengan indera penglihatan. Desain grafis menggunakan elemen visual seperti tulisan, bentuk, dan gambar, untuk menyampaikan suatu pesan. Umumnya desain grafis diciptakan dengan menggunakan komputer atau alat teknologi lain.

Di era digital yang didominasi oleh penggunaan gadget, banyak sekali orang yang tertarik untuk mempelajari desain grafis. Manfaat besar yang didapatkan ketika seseorang menguasai ilmu desain grafis adalah salah satu faktor utama mengapa banyak yang tertarik mempelajarinya. Memang, apa saja sih yang bisa didapatkan dari belajar desain grafis? Simak alasannya di bawah ini!

Mempermudah karier

Apa yang kamu lihat pertama kali saat mengenali sebuah produk? Sebagian besar dari kamu pasti akan menjawab desain produk tersebut. Tak dipungkiri lagi, saat ini desain sangat berperan penting dalam dunia bisnis maupun segala jenis pekerjaan. Dengan desain yang terencana dan tepat sasaran kepada target marketnya akan mampu meningkatkan penjualan.

Dalam sebuah kampanye pemasaran, desain bisa hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari desain website, poster, brosur, banner, dan masih banyak lainnya. Kesimpulannya, desain grafis memang sangat dibutuhkan dalam kebutuhan bisnis, sehingga kamu punya banyak peluang kerja yang bagus ketika memilih karier sebagai desainer grafis. Penghasilan seorang desainer grafis pun cukup menjanjikan. Seorang desainer grafis pemula bisa mengantongi Rp6 juta hingga Rp8 juta per bulannya.

Membuka peluang sebagai freelance atau pengusaha

Buat kamu yang tak mau bekerja dengan jam kerja formal dan terikat, atau mau menambah uang jajan di luar pekerjaan utamamu, kamu juga bisa menjadi seorang freelancer.  Dengan menjadi freelancer, kamu bisa bekerja dimana saja, kapan pun tanpa harus terikat waktu (kecuali deadline). Apalagi saat ini banyak perusahaan rintisan alias startup yang membutuhkan jasa desainer grafis paruh waktu untuk mendesain produk atau website mereka. Untuk mendapatkan pekerjaan ini, kamu bisa cek berbagai situs freelance.

Selain dapat bekerja dengan orang lain baik dengan bekerja formal maupun freelance, kamu juga dapat menggunakan bakat desain grafis untuk membuka sebuah peluang usaha. Tak sedikit orang yang telah berhasil membangun bisnis dalam bidang desain seperti percetakan, membuat sebuah studio desain, atau bahkan membuat website sendiri.

Tidak membutuhkan modal besar

Jika kamu harus mengenyam bangku kuliah jika ingin menjadi seorang dokter, lain hal nya jika kamu mau menjadi seorang desainer grafis. Skill desain grafis tak melulu harus diasah dari bangku formal. Asalkan kamu punya niat kuat untuk belajar dan berlatih, skill desain pun akan semakin meningkat seiring waktu. Kamu bisa belajar dari banyak tutorial, membaca buku untuk bidang desain, dan yang terpenting, memiliki passion di bidang desain itu sendiri. Bahkan di  Indonesia ada sebuah desa yang memiliki komunitas desain berisi ratusan desainer muda. Hampir sebagian besar dari mereka belajar desain secara otodidak.

Yang jelas, pastikan kamu punya perangkat laptop yang bisa membantumu mengerjakan pekerjaan desain grafis. Seorang desainer grafis biasanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi mumpuni dan kinerja yang optimal. Mulai dari jenis prosesor, kapasitas RAM, hingga jenis kartu grafis. Umumnya, laptop untuk kegiatan desain grafis dibanderol dengan harga yang tinggi. Namun harga tersebut tentu sesuai dengan spesifikasi yang disematkan dalam laptop. Tidak perlu khawatir, sekarang, fasilitas kredit laptop sudah tersedia di berbagai merchant online seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, JD.id, Bhinneka, dan Shopee. Kamu bisa mendaftar akun Kredivo agar bisa kredit laptop tanpa dp di merchant-merchant online yang telah menjadi rekanan Kredivo tersebut.

Kredivo menawarkan opsi cicilan tanpa dp dan tanpa kartu kredit dengan pilihan tenor 3, 6, dan 12 bulan dengan bunga rendah yaitu 2,95%. Proses pendaftarannya serba online, mudah, dan cepat lewat aplikasi Kredivo yang bisa didownload di Google Play Store atau App Store. Kamu cukup mengunggah foto KTP, menyambungkan akun e-commerce yang sudah memiliki riwayat transaksi, dan menghubungkan akun internet banking. Setelah itu, kamu tinggal menunggu proses approval kurang dari 1 x 24 jam. Setelah di-approve, kamu bisa langsung kredit laptop tanpa kartu kredit di merchant online rekanan Kredivo.

Post Author: hairihasbi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *