Diskon Akhir Tahun dan Kiat Tepat untuk Menggunakannya

Ketika diskon akhir tahun  digelar biasanya toko yang menawarkan promo tersebut seketika pula akan penuh sesak oleh pembeli. Wajar saja, moment diskon memang tidak datang setiap hari dan tidak diberlakukan selamanya sehingga semua orang langsung punya minat untuk berbelanja. Asalkan membeli produk sesuai kebutuhan dan paham rambu-rambu dalam berbelanja dijamin diskon ini akan menawarkan banyak manfaat. Namun kalau asal belanja baiknya tidak usah heran kalau akan menyesal lantaran uang untuk kebutuhan lain ludes untuk belanja.

Berbelanja di tengah pesta diskon memang akan semakin seru dan menyenangkan, sebab uang yang akan dikeluarkan nantinya tidak sebesar belanja di hari biasa. Berhubung bisa berhemat banyak orang berpikir untuk memanfaatkannya secara maksimal sehingga memilih belanja produk apapun yang dianggap menarik. Kalau terus mengikuti keinginan pada saat memilih produk yang dibeli tentunya semakin lama semakin membuat kantong kritis, dan bisa jadi pesta diskon ini tidak memberi faedah apapun.

Kiat Agar Belanja Sesuai Kebutuhan

Mengingat diskon ini sering membuat mata kalap baiknya sejak awal Anda sudah harus menyiapkan kiat dan strategi supaya tidak terjadi pemborosan. Kesiapan Anda dalam menyambut pesta diskon dari tempat belanja langganan akan mempengaruhi kualitas dari kegiatan belanja tersebut. Apakah nantinya belanja secara pintar dengan mengikuti kebutuhan atau malah gelap mata dan menjadikan keuangan kritis selepas belanja dilakukan. Resiko pemborosan ini tentunya menjadi fenomena yang lumrah terjadi, baik saat diskon di toko online maupun yang offline.

Kalau Anda pernah berada di posisi tersebut dan tidak ingin melakukan kesalahan yang sama, maka diskon akhir tahun ini baiknya belanja dengan beberapa kiat berikut agar sesuai kebutuhan:

  • Membuat daftar produk yang dibutuhkan,

Strategi mendasar untuk mencegah kemungkinan belanja melebihi kebutuhan saat diskon di depan mata adalah membuat daftar belanja. Susun dengan melihat kebutuhan yang dimiliki bukannya keinginan, sehingga kegiatan belanja Anda benar-benar terkontrol.

  • Mengunjungi toko atau situs belanja online yang tepat,

Ketika Anda sudah memiliki susunan daftar produk apa saja yang ingin dibeli maka akan mempermudah toko mana yang akan dituju. Anda tidak akan mampir ke toko perabot kalau rencana awalnya belanja baju, sehingga kemungkinan belanja diluar kebutuhan benar-benar tidak akan terjadi. Ketika memilih belanja online pun sama, sehingga bisa langsung menuju situs belanja yang menyediakan produk sesuai di daftar tanpa harus kepincut dan ngiler produk toko sebelah.

  • Pisahkan anggaran belanja saat diskon,

Mencampur antara anggaran untuk belanja dan anggaran untuk tabungan bisa jadi malah membuat tabungan ikut terpakai berbelanja. Begitu pula jika mencampurkan antara anggaran belanja dengan dana untuk kebutuhan lain, riskan kemungkinan dana yang disediakan terpakai semua. Maka pisahkan dana tersebut berdasarkan kegunaannya sehingga kemungkinan belanja berlebih bisa dihindari. Nantinya akan mematuhi anggaran tersebut karena tidak mau bingung membayar totalan kasir memakai apa.

  • Ajak teman untuk ikut berbelanja,

Kekhawatiran untuk membeli produk diluar kebutuhan tentu akan tetap menghantui meskipun semua taktik di atas dilakukan. Supaya bisa lebih terkontrol lagi baiknya tidak belanja sendirian karena penilaian dan pemikiran pribadi saja yang berjalan. Ajaklah teman yang sekiranya tidak terlalu gemar belanja secara sembrono sehingga membantu Anda menentukan produk mana yang baiknya dibeli dan mana yang tidak. Sekaligus membantu memberitahu kapan waktunya berhenti mengambil barang diskon akhir tahun dan kapan masih bisa dilanjutkan.

Post Author: hairihasbi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *