Informasi Mengenai Rumah subsidi

Memiliki rumah memang telah menjadi impian bagi hampir semua orang terlebih bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, suasana hidup di rumah sendiri dengan anggota keluarga tercinta tentu menjadi sangat indah dijalani bersama – sama. Akan tetapi ini sepertinya akan menjadi hal yang cukup sulit mengingat harga rumah yang tak bisa dikatakan murah, setiap tahun harga rumah pun menjadi makin mahal dan semakin susah saja nampaknya bagi kebanyakan orang untuk bisa memiliki rumah sendiri. meski demikian, kita yang memiliki penghasilan pas – pasan pun sebetulnya tetap bisa memiliki rumah yang layak melalui program rumah subsidi yang telah lama digalakan oleh pemerintah kita melalui salah satu anak perusahaan mereka yaitu Perumnas.

Penjelasan mengenai program rumah subsidi

Adanya rumah subsidi memang menjadi angin segar bagi setiap orang terutama yang berpenghasilan kecil, rumah – rumah yang masuk kategori rumah subsidi biasanya akan ditawarkan dengan harga kisaran 150 juta rupiah. meski rumah subsidi ini tidak besar dan mewah seperti halnya rumah kpr pada umumnya namun setidaknya rumah subsidi sangat layak untuk ditempati bersama keluarga, hal ini terbukti dengan tingginya permintaan akan rumah subsidi tiap tahunnya dan jangan lah kaget jika pameran perumahan terutama rumah subsidi selalu ramai dikunjungi orang. anda tentu sangat menginginkan rumah seperti ini bukan? tapi tunggu dulu, karna tentu saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, mungkin syarat – syarat ini sedikit berbeda dengan syarat pengajuan pembelian rumah pada umumnya.

Yang pertama, calon pemilik rumah bukanlah dari pekerja atau pengusaha yang berpenghasilan lebih dari 4 hingga 5 juta per bulan. Setidaknya, anda haruslah seorang yang memiliki penghasilan tetap antara 4 hingga setinggi – tingginya 5 juta tiap bulannya, ini sudah sangat ideal bagi seorang calon pemilik rumah subsidi. Syarat yang berikutnya adalah mengharuskan status rumah menjadi sebuah rumah huni atau akan ditempati oleh pembeli itu sendiri, tidak untuk dijadikan sebuah tempat usaha baik kontrakan atau kos – kosan. Ini berarti anda haruslah menjadikan rumah tersebut sebagai timpat tinggal pribadi anda dan keluarga tanpa menjadikannya sebagai sebuah usaha untuk diperjual belikan di kemudian hari, serta menjadi rumah pertama bagi anda atau dengan kata lain bahwa anda memang secara sah belum pernah memilik satu rumah subsidi pun sebelumnya.

Syarat berikutnya yang juga tak kalah pentingnya, calon pemilik rumah subsidi diwajibkan memiliki catatan yang bersih di bank indonesia dengan dinyatakan lolos BI checking. Proses ini memang tidak hanya dilakukan pada syarat pembelian rumah subsidi saja melainkan telah menjadi syarat umum dan lazim digunakan pada setiap jenis pinjaman baik kpr atau pun bentuk pinjaman lainnya. tak hanya sebatas lolos BI checking saja, anda sebagai calon pembeli rumah subsidi juga tidak diperbolehkan memiliki atau pernah mengangsur kendaraan beroda empat, ini dikarenakan jika anda pernah memiliki angsuran mobil maka anda pun akan dianggap sebagai orang mampu dan tidak layak untuk memiliki rumah subsidi.

Kembali pada soal penghasilan tetap bulanan, sangat disarankan jika anda adalah seorang pekerja yang setidaknya telah bekerja minimal selama tiga tahun di tempat yang sama dengan sekarang, namun akan lebih baik lagi jika anda sudah menyandang status sebagai karyawan tetap di tempat anda bekerja sekarang. nah jika anda memang sudah berencana untuk membeli rumah subsidi, maka cobalah untuk mulai mengumpulkan sedikit demi sedikit uang anda agar nantinya anda pun akan semakin ringan dalam membeli rumah subsidi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *