Layanan, Fungsi dan Manfaat Transaksi Elektronik

Kemajuan teknologi mendorong semua kegiatan menjadi lebih cepat dan canggih. Semua hal dapat dilakukan hanya dengan smartphone seperti berbelanja online. Dengan belanja online, Anda tidak perlu repot-repot datang ke pusat perbelanjaan. Untuk pembayarannya pun dapat dilakukan dengan berbagai metode termasuk uang elektronik. Menggunakan uang elektronik memang akan mempermudah semua transaksi pembayaran Anda.

Uang elektronik disebut juga dengan e-money yang mempunyai nilai (stored value) atau prabayar (prepaid) yang tersimpan secara aman di suatu media eletronik. Sama halnya dengan uang biasa, e-money juga berfungsi untuk pembayaran. Jika untuk membayar berarti saldo uang eletronik akan berkurang, tapi jika ada transaksi masuk maka, nilainya bertambah. Ketahui yuk, apa saja sih manfaat dan keuntungan saat kita memakai uang elektronik!

Memberikan kemudahan dalam berbelanja di minimarket

Kalau berbicara tentang belanja, pastilah para wanita senang. Nah, salah satu manfaat uang elektronik ini adalah bisa sebagai alat pembayaran barang belanjaan di minimarket. Dengan begitu, Anda tak perlu membawa uang cash yang sering merepotkan dan menjadi incaran para perampok atau pencuri. Tapi, cukup dengan uang elektronik Anda bisa mendapatkan semua barang belanjaan lebih aman dan tidak ribet.

Bisa untuk membayar transportasi umum

Tentu Anda tahu kalau pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya mempromosikan kepada seluruh masyarakat tentang penggunaan e-money. Bahkan pada beberapa tahun ini, uang elektronik dapat digunakan untuk pembayaran transportasi umum di beberapa wilayah yakni Jabodetabek. Mulai dari untuk membayar tarif kereta listrik sampai busway.

Penggunaan e-money sangat menguntungkan karena transaksinya dilakukan secara terpisah, sehingga lebih cepat dan mengurangi antrian panjang saat ingin naik KRL. Tidak hanya KRL, Busway Jakarta juga sudah memberlakukan pemakaian uang elektronik. Hal ini terbukti, sekarang sulit menemukan transaksi dengan uang fisik di terminal Busway Jakarta.

Bisa membayar tol

Biasanya ketika mau memasuki gerbang tol, jalannya sangat macet. Hal itu karena antrian di gerbang tol saat pengguna jalan ingin membayar toll. Transaksi pembayaran ini membutuhkan waktu hingga 10 detik pada setiap mobil. Tapi, setelah hadirnya layanan e-money waktu tersebut bisa dikurang dan mempercepat pelayanan. Kurang dari 5 detik, kendaraan sudah bisa jalan lagi.

Belanja online

Seperti yang sudah diulas diatas, uang elektronik memudahkan transaksi pembayaran belanja online. Sekarang, situs-situs toko online banyak yang menyediakan pembayaran melalui uang elektronik. Sehingga, pembayaran cepat dilakukan, konfirmasinya pun cepat dan penjual langsung bisa memproses pengiriman. Sebab, bila dengan e-money, Anda tidak perlu datang ke teller bank atau ATM untuk membayar.

Banyak promo dan diskonnya

Keuntungan menggunakan uang elektronik lainnya adalah Anda bisa menikmati beragam promo dan diskon khusus. Tidak hanya di toko offline saja, promo dan diskonnya bisa dinikmati di berbagai toko online yang bekerja sama dengan lembaga yang mengeluarkan uang elektronik itu. Bahkan diskonnya tidak tanggung-tanggung, bisa sampai 50%. Sungguh benar-benar menguntungkan kalau Anda memanfaatkan e-money ini.

Meningkatkan perekonomian negara

Penggunaan uang elektronik, tidak hanya memberikan kemudahan atau keuntungan untuk diri sendiri, tapi juga bagi negara. Pemanfaatan uang elektronik ini membantu mempermudahs pemerintah dalam mengawasi dan mengendalikan jumlah uang yang beredar di masyarakat. Tak heran bila pemerintah sangat mendukung masyarakat mengganti uang fisik dengan pemanfaatan uang elektronik.

Kalau mudah mengontror jumlah uang yang beredar, berarti pemerintah mudah mengendalikan inflasi negara. Itu akan berdampak positif terhadap perekonomian negara secara menyeluruh.

Post Author: hairihasbi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *