Maintenance Trafo yang Bisa Dilakukan dalam Jangka Pendek

Maintenance Trafo yang Bisa Dilakukan dalam Jangka Pendek
Maintenance Trafo yang Bisa Dilakukan dalam Jangka Pendek

Trafo merupakan alat yang dapat digunakan untuk dapat menampung daya listrik yang dapat untuk disalurkan. Trafo sendiri mempunyai dua bagian yaitu trafo step up dan juga trafo step down. Keduanya mempunyai fungsi masing-masing yang dapat untuk membuat arus listrik dapat lebih efisien untuk digunakan. Jadi maintenance trafo ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat sehingga dapat untuk mendapatkan fungsi yang dapat diberikan dengan maksimal. Untuk pilihan tempat melakukan perawatan trafo tersebut Anda bisa mengandalkan Sewatama yang merupakan perusahaan penyedia jasa sewa genset, jual genset, dan juga perawatan terhadap alat penyuplai listrik. Selain perawatan oleh profesional, ada perawatan yang bisa dilakukan sendiri untuk trafo tersebut yang bisa dilakukan untuk jenis perawatan jangka pendek seperti:

  1. Langkah pertama untuk perawatan trafo yang bisa dilakukan untuk jangka pendek yaitu dalam waktu 1 tahun adalah dengan melakukan pemeriksaan luar bagian pada trafo. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memeriksa bagian luar secara keseluruhan pada trafo dan memastikannya baik-baik saja dan tidak ada masalah. Periksa tinggi pada trafo, batu pada trafo, silica gel, permukaan gel, dan juga hal lainnya yang ada pada bagian luar trafo tersebut.
  2. Langkah kedua adalah selain pemeriksaan juga harus dibersihkan dengan tepat. Trafo harus rajin dibersihkan agar nantinya tidak mudah rusak seperti berkarat, penuh debu, dan hal lainnya yang dapat merusak trafo sendiri. Pembersihan yang dapat dilakukan misalnya pada bagian terminal isolatornya, pada bagian tangki dan juga radiator pada trafo, dan juga harus mengamplas bagian yang berkarat dan harus dicat kembali agar warnanya tetap saja.
  3. Langkah maintenance trafo selanjutnya adalah dapat untuk melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap perlengkapan trafo tersebut. Anda bisa untuk melakukan pemeriksaan pada perlengkapan trafo apakah mereka masih dapat bekerja dengan baik atau perlu untuk diganti baru. Selain itu juga harus menggunakan relay pengaman yang dipasang pada trafo sehingga menjadi lebih aman. Pemeriksaan juga harus menyeluruh hingga pada bagian kontak point trafo tersebut.

Selain maintenance trafo, biasanya terdapat juga service genset 24 jam yang bisa digunakan oleh perusahaan anda dalam merawat genset perusahaan.

Post Author: hairihasbi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *