Makanan Bayi 6 Bulan, Pilih dengan Nutrisi yang Lengkap, Alami dan Sehat

Memberikan nutrisi sempurna kepada bayi menjadi tanggung jawab yang harus diemban oleh para orang tua. Tentunya untuk awal masa kelahirannya, orang tua cukup hanya memberikan ASI saja. Namun ingat, jika di usianya yang ke-6 bulan, maka bayi sudah butuh makanan tambahan atau biasa disebut sebagai MPASI. Meski bayi telah siap untuk bisa makan makanan yang padat, namun makanan bayi 6 bulan tetap berbeda dengan makanan yang disantap oleh orang dewasa sehingga para orang tua juga harus tahu.

Untuk makanan bayi 6 bulan, disarankan para orang tua untuk bisa mengolah sendiri makanannya. Hal ini adalah cara terbaik karena memungkinkan untuk memberikan nutrisi yang lengkap, alami dan sudah dipastikan sehat. Mengolah sendiri makanan untuk si kecil juga akan bisa menjadi langkah untuk bisa memantau perkembangan jika ada alergi yang diderita. Anda wajib waspada pada makanan instan yang banyak dijual di toko atau supermarket karena umumnya nutrisi dan vitaminnya juga sangat minim mengingat adanya proses panjang pada pengolahan.

Untuk beberapa makanan yang disarankan diantaranya, sereal dengan bebas gluten, sayur dan buah yang telah dihaluskan, bubur khusus bayi yang bisa dicampur daging halus, bubur dari kacang-kacangan juga diperbolehkan. Anda bisa mencampur semua makanan tersebut dengan ASI ataupun susu formula dan diberikan ke si kecil. Di awal usia ke 6 bulannya, bayi hanya bisa mengkonsumsi satu sendok teh buah dan satu sendok teh sayur saja dalam sekali makannya. Namun lama kelamaan, porsi ini akan bertambah terus menerus seiring pertumbuhan si kecil.

Karena bayi baru pertama kalinya dalam mencoba makanan yang padat, ada baiknya jika Anda mencermati jika si kecil mengalami tanda terjadinya alergi di suatu jenis makanan tertentu. Untuk bisa memudahkan Anda mengamatinya, ada baiknya untuk menunggu sampai 3 hari sebelum nantinya Anda beralih untuk memperkenalkan jenis makanan lain pada bayi. 3 hari ini merupakan waktu dimana reaksi alergi biasa muncul, terutama jika salah seorang anggota keluarga memiliki riwayat terhadap alergi. Beberapa makanan pemicu yang bisa mengakibatkan alergi wajib untuk Anda waspadai misalnya telur, ikan, susu, kerang hingga kacang.

Perlu diketahui juga jika Anda harus menghindarkan bayi untuk mengkonsumsi madu pada usia kurang dari setahun karena ada resiko botulisme. Selain itu menunggu si kecil minum susu sapi hingga usianya setahun juga lebih baik. Untuk langkah awalnya, berikut ini beberapa jenis makanan yang dikhususkan untuk bayi 6 bulan:

  • Bubur pisang

Buah yang kaya akan serat serta kalium ini sangat aman untuk perut si kecil. Tetapi jangan sering memberikan pisang karena ada potensi menyebabkan konstipasi untuknya. Anda bisa membuat dengan melumat pisang memakai garpu lalu tambah dengan ASI atau susu formula sehingga bisa lebih encer.

  • Bubur beras merah

Untuk makanan pokok, beras merah sangat baik bagi kesehatan karena mudah dicerna. Tak hanya untuk orang dewasa, bayi pun juga disarankan untuk memilih beras merah. Untuk membuat bubur beras merah bagi bayi, maka Anda bisa memblendernya sampai halus lalu tambahkan air dan kemudian masak menggunakan api yang sedang sampai bubur mendidih.

  • Bubur alpukat

Tak hanya pisang, buah alpukat juga baik sebagai makanan bayi 6 bulan karena kaya lemak baik. Untuk membuatnya pun mudah karena bisa di lumat lalu ditambah dengan ASI.

Post Author: hairihasbi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *