Mengenal Perkembangan Bahasa Anak

Mengenal Perkembangan Bahasa Anak

Sebagai makhluk sosial yang hidup berdampingan dengan sesama di sekitar maka komunikasi menjadi salah satu sarana yang akan selalu dilakukan di setiap harinya, sementara itu bahasa adalah alat komunikasi yang sangat diperlukan dalam kehidupan kita. bahasa memang menjadi awal dari komunikasi yang terjalin pada setiap manusia, ini tentu saja tak bisa seketika itu muncul dan seseorang lalu bisa berbicara dengan lancarnya, ada serentetan perkembangan bahasa yang dikuasai sehingga menjadikan kita sebagai manusia yang dapat berbicara kepada lawan bicaranya. Perkembangan bahasa anak tentu menjadi salah satu yang membentuk karakter pribadi masing – masing orang, ini adalah hal yang lumrah dan terjadi pada siapa saja, dan lingkungan juga lah yang akan menentukan kecakapan bahasa seseorang.

Melatih berbahasa yang baik memang harus ditanamkan sejak kecil, Perkembangan bahasa anak memang harus dibiasakan dan dilatih oleh orang tua atau keluarga sebagai lingkup terdekat dari anak. Membiarkan anak mengucapkan bahasa yang tak sewajarnya tentu tidak diinginkan oleh siapa pun bukan? Untuk itulah pentingnya peran orang tua dan keluarga dalam memberikan pelajaran bahasa kepada anak sejak dini. Lalu bagaimana dengan perkembangan bahasa pada anak yang baik? Selain secara alamiah anak – anak akan bisa belajar bahasa dengan sendirinya namun stimulan dari orang di sekitar juga yang akan menentukan seberapa cepat anak belajar, nah berikut ini adalah beberapa tahapan dalam perkembangan bahasa dari anak.

Perkembangan Bahasa anak yang perlu kita ketahui

Usia di bawah 1 tahun

Pada masa Perkembangan bahasa anak ini, anak anak memang masih belum bisa mengucapkan secara fasih suatu kata atau mungkin juga belum paham tentang apa yang sedang diucapkannya, respon yang diberikan anak terkadang ada yang terlambat namun ada juga yang cepat dalam memberikan respon atas suara yang didengarnya. Beberapa anak di bawah usia 1 tahun umumnya sudah mulai memberikan respon seperti tersenyum sambil berceloteh atau menunjuk sesuatu yang dia inginkan, terkadang ada pula reaksi kesal dengan sedikit cemberut dan bergumam tanpa arti yang menandakan dia bosan atau pun marah. Bunyi huruf vokal pun mulai beragam terdengar hingga kelamaan anak mulai bisa membedakan seseorang berdasarkan bunyi panggilan maupun sebutan orang di sekitarnya tersebut, inilah yang disebut dengan periode prelingual pada anak.

Usia 1 sampai 3 tahun

Jika pada periode perkembangan bahasa anak sebelumnya anak masih asal dalam mengeluarkan bunyi – bunyian dari mulutnya, maka pada usia 1 sampai dengan 3 tahun anak sudah mulai belajar bagaimana mengutarakan perasaannya dengan menggunakan susunan kata. Anak memang sudah memahami arti dari beberapa kata namun pada masa ini anak masih berantakan dalam menyusun sebuah kalimat yang benar bahkan pada awal yang disebut dengan periode lingual dini ini kalimat yang terdengar dari mulut si kecil akan sangat membingungkan bagi orang dewasa, beberapa anak mencoba menyusun katanya sendiri yang membuat ini terdengar lucu tapi sangat menggemaskan. Peran orang tua di sini adalah membetulkan setiap kata yang disusun oleh anak sehingga nantinya anak terbiasa dan tahu bagaimana susunan kalimat yang benar.

Usia 3 sampai 5 tahun

Pada masa perkembangan bahasa anak inilah anak sudah benar – benar bisa menyusun kalimat dengan benar dan pengucapan yang tegas, beberapa nada akan kalimat juga terkadang akan muncul sesuai dengan kalimat yang diucapkannya. Tak hanya itu saja, dialek pada anak juga mulai terbentuk serta beberapa kata – kata yang biasa digunakan oleh teman – temannya juga mulai ia gunakan di rumah.

 

Post Author: hairihasbi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *