Penting! Kenali 8 Penyebab Bayi Sering Kentut

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa bayi sering kentut saat memperhatikan si Kecil yang sering buang angin. Sebenarnya kentut pada bayi tidak selalu berarti ada gangguan pencernaan dan normal-normal saja. Namun, jika Anda masih penasaran akan penyebabnya, yuk simak baik-baik 8 penyebab bayi sering kentut yang harus Anda tahu.

  1. Bayi Menelan Gelembung Udara Saat Menyusu

Kadang, bayi tampak menyusu dengan sangat cepat atau tergesa-gesa sehingga tanpa sengaja menelan gelembung udara. Selain itu, ukuran dot yang kurang sesuai juga bisa membuat bayi menelan udara saat menyusu. Udara yang tertelan dalam perut bayi tersebut yang membuat bayi sering kentut.

  1. Sistem Pencernaan yang Belum Bekerja Sempurna

Bayi yang berusia kurang dari 4 bulan biasanya mempunyai sistem pencernaan yang belum bekerja secara sempurna. Padahal, sejenis karbohidrat yakni laktosadalam ASI atau susu membutuhkan tahap penguraian di pencernaan bayi. Karena itulah, fermentasi dari laktosa yang tidak terurai sempurna menghasilkan gas yang berujung pada kentut.

  1. Kandungan Laktosa

Laktosa pada ASI atau susu formula harus diserap oleh usus halus. Namun, karena sistem pencernaan bayi belum bekerja sempurna, maka laktosa ini belum bisa terserap seluruhnya. Selanjutnya, laktosa ini berfermentasi oleh mikroorganisme yang menghasilkan gas. Oleh karena itu, laktosa sendiri memicu bayi sering kentut.

  1. MPASI yang dikonsumsi bayi

Makanan-makanan tertentu terkadang masih sulit dicerna oleh bayi. Jika bayi Anda sering kentut, bisa jadi sistem pencernaan kesulitan dalam mencerna makanan tersebut. Selain itu, bahan makanan tertentu seperti brokoli, jagung, dan kacang-kacangan dapat memicu produksi gas berlebih dalam perut.

  1. Makanan yang dimakan Ibu

Jika bayi masih mendapatkan ASI ekslusif, bisa jadi makanan yang dimakan ibu yang sedang menyusui yang menyebabkan bayi sering buang angin. Hal itu disebabkan, zat-zat yang terdapat dalam ibu menyusui juga akan dimakan oleh bayi. Maka, Anda juga harus selektif dalam memilih makanan yang Anda konsumsi demi kesehatan penceraan bayi Anda.

  1. Bayi Sering Menangis

Bayi yang kerap kentut bisa juga disebabkan karena dia sering menangis. Ketika sering menangis itulah, mulut bayi terbuka dan udara dari luar masuk ke tubuh bayi. Hal itu membuat kandungan gas di dalam perutnya menumpuk dan membuatnya sering kentut.

  1. Posisi Menyusui yang Salah

Jika bayi Anda kerap buang angin, bisa jadi hal itu dikarenakan posisi menyusui yang salah. Hal itu bisa menyebabkan udara bisa masuk ke dalam mulut bayi dan menyebabkan bayi sering buang angin. Maka dari itu, Anda harus melakukan posisi dan cara menyusui bayi dengan benar.

  1. Ukuran Lubang Dot yang Tidak Pas

Ukuran dot yang terlalu kecil atau terlalu besar saat Anda memberikan si Kecil susu formula bisa menyebabkan bayi menjadi sering kentut. Jika lubang dotnya terlalu kecil, akan membuat udara masuk ke perut bayi. Jika lubang dot terlalu besar, susu akan menjadi cepat masuk sehingga membuat perut bayi tidak nyaman dan membuatnya sering buang gas.

Nah demikian 8 penyebab bayi sering kentut yang harus Anda tahu. Kentut pada bayi merupakan hal yang wajar dan Anda tidak perlu khawatir karenanya. Kecuali, jika kentut bayi disertai dengan indikasi penyakit lain seperti diare, muntah, rewel, jumlah feses yang tidak normal, dan lain sebagainya, Anda harus segera membawa bayi Anda ke dokter.

Post Author: hairihasbi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *