Perbedaan Harga Kamera Digital Biasa dengan Kamera DSLR

Kamera digital atau biasa disebut juga dengan kamera saku tetap menjadi favorit sebagian besar masyarakat sebagai media untuk memotret. Meski kini telah tersedia banyak kamera dengan jenis dan model terbaru seperti kamera DSLR, namun kamera tersebut belum bisa menjangkau untuk kalangan masyarakat mengingat harganya yang bisa mencapai jutaan rupiah. Itulah mengapa kamera digital masih bisa mendapatkan perhatian masyarakat. Selain cara pengoperasiannya yang mudah, harga kamera digital  juga cukup terjangkau.

Mungkin masih banyak yang bingung antara perbedaan dari kamera saku dengan kamera DSLR. Untuk itu berikut ini ulasannya:

  • Perbedaan yang pertama dan paling terlihat adalah dari perbedaan bentuk. Kamera DSLR memiliki bentuk yang lebih besar dibanding dengan kamera digital biasa. Hal ini lantaran kamera DSLR memiliki sensor besar dengan cermin serta view finder dan juga baterai yang lebih besar di dalamnya.
  • Selain itu adanya perbedaan pada ukuran sensor nya dimana berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan kamera DSLR lebih baik dibanding kamera saku.
  • Selanjutnya tingkat responsif dari kamera DSLR lebih tinggi sehingga tidak adanya jeda ketika memotret obyek.

Itulah beberapa perbedaan dari kamera saku dengan kamera DSLR. Selain itu harga kamera digital biasa juga lebih murah dibandingkan dengan kamera DSLR. Meski begitu, jangan pandang sebelah mata pada kamera kecil ini karena tetap memiliki kelebihan dimana ukurannya kecil sehingga fleksibel, mudah digunakan dan biasanya juga memiliki sistem built in mode makro. Untuk Anda yang memiliki kamera digital biasa, maka harus menerapkan trik berikut ini demi bisa menghasilkan foto yang bagus:

  • Perhatikan komposisi dan cahaya yang menjadi dasar utama fotografi. Perhatikan darimana arah datangnya cahaya sehingga semakin cermat Anda menemukannya, maka semakin baik foto yang dihasilkan lantaran efek kontras yang tepat.
  • Pegang kamera dengan baik. memang kerap terjadi masalah dimana kamera saku bergoyang saat dipencet pada tombol shutter sehingga bisa berefek blur pada gambar. Untuk itu pegang kamera memakai kedua tangan dengan kuat dan tekan lembut. Jika perlu, Anda bisa meletakkan kamera pada landasan yang stabil seperti kursi atau meja.
  • Kini telah banyak kamera saku yang dibekali dengan pengukuran cahaya, spot dan fitur lainnya. Gunakan semua fitur tersebut dengan baik dan atur secara tepat.
  • Jika persiapan tersebut sudah siap, kuncilah titik fokus dengan menahan dan tekan rana setengah hingga subyek fokus. Mengunci titik fokus ini bisa membuat komposisi gambar lebih dinamis.
  • Memotret menggunakan kamera saku biasanya terdapat jeda sehingga kurang bisa real time. Untuk mengatasinya, Anda bisa memencet rana satu selama dua detik sebelum momen tersebut terjadi. Meski ada kemungkinan gagal, namun tetap bisa dicoba.
  • Meski kamera saku dibekali dengan menu Zoom sehingga obyek yang jauh bisa lebih mendekat, namun alangkah lebih baik jika Anda yang bergerak maju untuk mendekati obyek foto demi sempurnanya gambar.
  • Apabila malam hari atau kondisi gelap, jangan lupa nyalakan flash pada kamera sebagai lampu tambahan.

Itulah beberapa tips singkat yang bisa Anda coba ketika memotret dengan kamera saku. Harga kamera digital biasa ini memang sangat terjangkau sehingga masih banyak peminatnya. Kamera saku juga bisa Anda jadikan modal untuk berlatih memotret. Jika foto yang Anda hasilkan dengan kamera saku sudah baik, maka jika nantinya memiliki DSLR, pasti lebih baik.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *