Surabaya dan Malang, Dua Kota di Jawa Timur yang Paling Berkesan

Provinsi Jawa Timur adalah provinsi terluas di Pulau Jawa dengan total area 47.922 kilometer persegi. Sementara jumlah penduduknya terbanyak kedua di Indonesia (total populasi 37.476.757 jiwa). Provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak pertama di Indonesia adalah Provinsi Jawa Barat (52.476.473 jiwa). Dua kota di provinsi tersebut, Kota Surabaya dan Kota Malang, boleh dikata menjadi dua kota yang paling berkesan karena memiliki objek wisata beragam.

Kota Surabaya didapuk menjadi ibu kota Provinsi Jawa Timur pada tahun 1926. Sebelumnya, pada masa penjajahan Belanda, kota ini adalah ibu kota Karesidenan Surabaya yang terdiri dari wilayah kota Sidoarjo, Jombang, Mojokerto, Gresik, dan Surabaya.

Pada masa sekarang, Kota Surabaya bersama sejumlah kota lain di Jawa Timur membentuk suatu kawasan metropolitan dengan sebutan Gerbangkertosusilo.Istilah tersebut merupakan akronim dari kota-kota pembentuk kawasan metropolitan tersebut; Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan. Kawasan Gerbangkertosusilo menjadi kawasan metropolitan terbesar di Indonesia setelah Jabodetabek; Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi.

Sektor pariwisata Kota Surabaya termasuk salah satu sektor strategis daerah. Lokasi wisatanya kebanyakan berupa wisata sejarah. Tentu saja, hal ini dilatar belakangi pelbagai kejadian bersejarah yang cukup banyak terjadi di kota tersebut. Selain wisata sejarah, keadaan geografis Surabaya yang dekat dengan beberapa pegunungan membuat kota ini juga terkenal sebagai kota persinggahan sebelum melanjutkan perjalanan ke Gunugn Ijen, Gunung Bromo, dan pegunungan di Malang Raya.

Kota berikutnya, Malang, terletak sekitar 90 kilometer sebelah selatan Kota Surabaya. Kota terbesar kedua di Jawa Timur ini terkenal dengan wisata alamnya. Letak Malang memang sangat strategis yaitu dikelilingi pegunungan-pegunungan di Jawa Timur. Pegunungan Bromo-Tengger, Gunung Arjuno, Gunung Kawi, Gunung Butak, Gunung Panderman, Gunung Anjasmoro, dan Gunung Semeru adalah gunung dan pegunungan yang mengelilingi kota seribu julukan ini. Bahkan, Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa (3.676 mdpl).Kota Malang juga dikelilingi Sungai Brantas; sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa setelah Bengawan Solo.

Mana saja destinasi wisata menarik di Kota Surabaya dan Kota Malang?

Kawasan Kota Tua Surabaya

Kawasan Kota Tua Surabaya merupakan peninggalan penting jaman penjajahan Belanda. Kota Surabaya merupakan salah satu pelabuhan penting pada masa itu selain kawasan Kota Jakarta dan Kota Semarang. Maka, tak heran jika banyak bangunan didirikan di tempat tersebut selama masa penjajahan Belanda. Wilayah-wilayah yang bisa disebut Kawasan Kota Tua Surabaya adalah Jalan Tunjungan, Jalan Veteran, Jalan Pahlawan, Jalan Rajawali, dan Jalan Kembang Jepun. Manfaatkan jasa sewa mobil Surabaya untuk mengantar Anda ke berbagai tempat wisata di Kota Surabaya

Bangunan-bangunan kuno Eropa klasik di kawasan tersebut di antaranya sbb.:

  • Kantor Pos Besar
  • Kantor PTPN
  • Hotel Majapahit (dulu bernama Hotel Oranje atau Hotel Yamato)
  • Hotel Ibis Surabaya
  • Kantor Gubernur
  • Kantor Bappeda
  • Bank Mandiri
  • House of Sampoerna

Taman Wisata Lembah Dieng

Taman Wisata Lembah Dieng beralamatkan di Jalan Wisata No. 99 Lembah Dieng, Desa Kalisongo, Kecamatan Mau, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Tmaan wisata ini merupakan tempat liburan paling favorit warga Malang dan sekitarnya sebab banyak fasilitas pendukung di tempat ini. Manfaatkan jasa sewa mobil Malang untuk mengantar Anda ke berbagai tempat wisata di Kota Malang.

Fasilitas andalan Taman Wisata Lembah Dieng adalah kolam renang berstandar internasional. Kolam renang ini diisi air dari sumber mata air pegunungan. Airnya selalu dikuras setiap dua minggu sekali sehingga pengunjung tidak perlu khawatir mendapati air kolam renang yang keruh. Kolam renang tersebut memiliki ukuran panjang 50 sentimeter dan lebar 25 sentimeter. Kedalaman kolam renang bervariasi dari 1,3 hingga 4,2 meter.

Fasilitas lainnya meliputi:

  • Waterboom
  • Area memancing
  • Lapangan tenis
  • Pusat kebugaran
  • Arena bowling
  • Arena billiard
  • Restoran
  • Area outbond
  • Aula
  • Gazebo

DOcar menyediakan paket tur keliling Kota Surabaya dan Kota Malang. Informasi lebih lengkap segera unduh aplikasinya di Google PlayStore. Dapatkan mobil sewa murah, sopir ramah dan cekatan, serta fasilitas lengkap (pilih opsi “All-In” saat memasukkan data perjalanan).

Post Author: hairihasbi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *