Tahapan Memulai Bisnis Kecil Untuk Pemula

Kegiatan perekonomian kian meningkat. Salah satu sektor yang saat ini sedang booming di masyarakat adalah membuka usaha. Menjadi wirausahawan dianggap sebagai terobosan dalam memperoleh penghasilan yang lebih banyak. Wirausahawan menjanjikan kehidupan yang lebih baik dari segi finansial yang terkumpul. Anak muda menjadi target yang diharapkan dapat menjadi entrepreneur sukses di masa depan yang turut memperbaiki perekonomian negeri ini. Kita juga sering mendengar banyak anak muda yang sukses merintis usahanya dari bawah. Bahkan beberapa diantara mereka berhasil berekspansi hingga ke pasar mancanegara. Tentu sebuah prestasi yang membanggakan dan patut diapresiasi. Sayangnya dalam menjalankan usaha atau bisnis kecil terkadang ada beberapa kendala yang harus dihadapi.

Cikal bakal dari bisnis bermula saat para pedagang asing seperti Tionghoa dan India menjajakan produk yang dibawa ke pada masyarakat lokal sampai anggota kerajaan. Seiring berjalannya waktu sebagai akibat dari revolusi industri, bisnis semakin digeluti karena dukungan mesin yang memudahkan kelancaran kegiatan. Di tahun 2017 ini kecanggihan teknologi semakin dirasakan. Teknologi yang dikembangkan sangat membantu aktivitas usaha yang dijalankan. Modal memang menjadi hal utama, namun jumlahnya dapat dimaksimalkan. Berikut ini ada beberapa tahapan dalam memulai bisnis kecil bagi Anda yang seorang pemula.

  1. Anda harus menentukan bidang bisnis

Langkah pertama yang harus digaris bawahi adalah Anda harus menentukan bidang bisnis apa yang akan dijalani. Untuk menentukan bidang bisnis, Anda bisa menyesuaikan dengan keahlian yang dimiliki. Sebagai contoh Anda pintar memasak, maka bidang kuliner lah yang cocok dijadikan ladang bisnis. Tidak hanya berdasarkan keahlian saja, Anda bisa menentukan bidang bisnis dari hobi seperti travelling dengan membuka usaha agen perjalanan. Anda bisa menemukan banyak referensi lain untuk memulainya.

  1. Anda perlu menentukan target yang ingin dicapai

Dalam menjalankan bisnis, target begitu penting untuk dicapai. Target membuat Anda lebih terpacu untuk menjalankan bisnis dengan baik. Target disini bisa dalam bentuk yang beragam mulai dari omset penjualan hingga membuka cabang ke luar negeri. Target ini dapat dicapai jika Anda fokus dan tetap konsisten menjalaninya. Bagian ini cukup sulit mengingat ketika dihadapkan pada masalah, nyali para pebisnis pemula menciut sehingga kapok memulainya lagi. Jika seperti ini ingat terus target atau mimpi Anda.

  1. Hindari menggunakan uang pribadi sepenuhnya

Bisnis memiliki resiko yang membuat Anda mengalami kerugian cukup besar. Hal ini disebabkan oleh salah perencanaan atau strategi pemasaran. Ajak saudara atau teman Anda sebagai partner bisnis. Keuntungan yang diperoleh adalah modal tidak sepenuhnya berasal dari Anda dan ketika mengalami kerugian tidak hanya Anda seorang yang menanggungnya.

  1. Promosikan keunggulan bisnis yang dijalankan

Wajib hukumnya untuk mempromosikan keunggulan apa saja dari bisnis Anda. Bidang bisnis yang dijalankan juga ditekuni oleh beberapa orang di luar sana. Anda tentu harus bersaing mendapatkan perhatian konsumen dengan menonjolkan kelebihan yang tidak dimiliki bisnis lain. Dengan demikian, bisnis Anda akan berkembang dengan baik.

  1. Memperluas jaringan bisnis Anda

Sangat penting bagi Anda mengembangkan area bisnis seluas-luasnya. Sebagai pebisnis pemula Anda dapat menjalin komunikasi dari para ahlinya. Anda dapat menghadiri beberapa pertemuan bisnis yang dapat mempertemukan Anda dengan pebisnis lainnya. Siapa tahu justru Anda diajak bekerjasama.

Itulah tahapan memulai bisnis kecil yang harus Anda ikuti. Memulai bisnis tidak hanya sekedar bermodalkan nekat dan niat kuat, tetapi juga perencanaan yang matang. Anda harus memperhitungkannya dengan menimbang keuntungan dan resiko.

Bisnis kecil perlu dijalankan secara kontinyu dengan memberikan beragam inovasi yang unik dan menarik. Untuk itu cari referensi sebanyak-banyaknya apa saja yang menjadi tren saat ini agar bisnis semakin maju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *