Tips Aman Membeli Rumah Dari Developer

Kebanyakan orang terutama yang tinggal di wilayah padat atau perkotaan, lebih memilih membeli rumah melalui developer. Mereka lebih berfikir daripada membangun rumah sendiri, membeli rumah dari developer jauh lebih praktis dan mudah. Namun sebelumnya kita harus melakukan riset pasar perumahan terlebih dahulu sehingga kita tidak terlalu awam saat akan membeli rumah. Namun ada beberapa hal yang harus anda lakukan saat membeli rumah dari developer untuk menghindari penipuan, diantaranya:

  • Pertimbangkan reputasi developer

Sebaiknya jangan terburu-buru dalam memilih developer, salah memilih developer adan bisa mendapatkan kerugian. Hal ini membuat resiko dalam pembelian rumah sangatlah besar sekalipun itu dilakukan secara kredit yang mana anda kan melunasi rumah yang dibangun oleh developer. Untuk itu pastikan anda memilih developer yang memiliki reputasi yang baik dan memiliki kinerja yang baik juga bertanggungjawab sehingga urusan anda dalam pembelian rumah dapat berjalan dengan lancar.

  • Proses penyelesaian sertifikat

Perlu anda ketahui bahwa ketika and amembeli rumah dari developer, maka sertifikat  rumah tersebut masih atas nama developer itu sendiri. Hal ini tentunya akan membutuhkan proses untuk bisa mengalihkan nama menjadi nama anda sendiri. Untuk itu sangat penting bagi anda untuk menanyaka sejala awal, kapan sertifikat tersebut akan dialihnamakan kepada anda. Hal ini biasanya akan tercantum dalam perjanjian jual beli. Namun tidak ada salahnya jika anda menanyakan secara langsung kepada pihak developer.

  • Jangan membayar DP sebelum KPR disetujui

Jangan pernah untuk membayar uang muka sebelum KPR anda disetujui oleh pihak bank. meskipun developer tersebut telah bekerjasama dengan pihak bank, namun tidak ada jaminan bahwa KPR tersebut akan disetujui oleh pihak bank. Untuk itu lebih baik hindari, karena banyak kaasus dimana DP sudah dibayar namun KPR ditolak oleh pihak bank. Sedangkan uang muka yang sudah masuk sulit untuk kembali.

Itulah beberapa tips aman membeli rumah dari developer. Untuk itu lakukan riset pasar perumahan untuk mendapatkan rumah yang dinginkan dan terhindar dari penipuan.

 

Post Author: hairihasbi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *