Tips Mengendarai Mobil untuk Perjalanan Jauh, Cocok untuk yang Belum Terbiasa Mengemudi Terlalu Lama

Dalam mengemudikan mobil, seseorang dituntut untuk selalu bisa mengendalikan emosi, memperhatikan keadaan sekitar dan jarak aman antara mobil yang dikendarai dengan kendaraan yang ada di depannya, hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan kepada diri sendiri dan orang lain yang ada di jalan mengingat saat ini jumlah kendaraan motor ataupun mobil sudah sangat banyak bahkan sudah terlalu berlebihan dan membuat jalanan terasa macet.

Menurut antaranews, “Jumlah motor dan mobil di Jakarta tumbuh 12 persen tiap tahun, dan pertumbuhan infrastruktur jalan hanya tumbuh 0,01 persen sehingga membuat kemacetan semakin meningkat”.  Terlebih bulan ini memasuki bulan puasa dan sebulan setelahnya adalah memasuki Bulan Ramadhan yang tentunya jika kamu ingin menghabiskan waktu dengan pergi pulang kampung untuk bertemu keluarga/saudara ataupun berlibur untuk jangka panjang harus menyiapkan diri dalam berkendara.

Berikut tips yang bisa kamu coba.

Rutin Olahraga

Jika kamu sudah memiliki rencana untuk perjalanan jauh yang akan ditempuh, sebaiknya persiapkan diri jauh-jauh hari untuk menyiapkan fisik agar seluruh bagian tubuh kamu terbiasa ketika menghadapi situasi yang berbeda.

Dengan olahraga itu artinya juga kamu tetap menjaga performa kesehatan kamu dan membuat kamu lebih sehat.

Persiapkan Barang dengan Rapi + Bawa Obat

Jangan lupa untuk mempersiapkan barang apa saja yang harus dibawa, aturlah berbagai bawaan tersebut dalam bagasi mobil dan jangan sampai berantakan apalagi sampai tertinggal. Saat perjalanan jauh, semakin banyak kamu membawa barang itu akan mempengaruhi laju kecepatan mobil, oleh karena itu sebisa mungkin bawalah barang yang benar-benar diperlukan saja.

Persiapkan juga berbagai obat-obatan yang memang diperlukan bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kamu tidak perlu pusing memikirkan tempat untuk membeli obat yang dibutuhkan.

Beristirahat yang Cukup

Saat kamu tahu bahwa kamu akan melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan mobil untuk pertama kalinya, jangan coba-coba untuk tidur hingga larut malam karena itu akan mempengaruhi cara kamu mengemudi, bahkan kamu bisa mengantuk dan lepas kendali.

Istirahat yang cukup adalah kuncinya.

Gunakan Aplikasi Map untuk Mencari Rute Terdekat

Di smartphone kamu apakah ada aplikasi map seperti here maps, google maps, dsb? Jika ada gunakan aplikasi tersebut untuk mencari rute tercepat sehingga kamu bisa sampai lebih cepat dan terhindar dari kemacetan. Waktu yang kamu buang di jalanpun juga akan berkurang sehingga kamu tidak akan terlalu lelah bukan?

Gunakan Pakaian yang Nyaman saat Mengemudi

Mengemudikan mobil terlebih untuk jarak yang jauh adalah hal yang sangat melelahkan karena harus konsentrasi dan fokus selama perjalanan, karena itu dengan menggunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat itu bisa membantu kamu mengemudikan mobil tanpa harus merasa risih dan membuat kamu bisa mengendarai mobil dengan nyaman.

Jangan Memaksakan Diri

Karena ini baru pertama kalinya bagi kamu, jika kamu sudah merasa sangat kelelahan lebih baik menepi dan carilah tempat untuk beristirahat dan meregangkan otot-otot tubuh. Apabila kamu memaksakan diri tetap berkendara itu akan berakibat fatal, jadi jangan memaksakan diri biarlah kamu membuang waktu sedikit lebih lama asalkan kamu bisa selamat sampai ditujuan.

Kalau memang di dalam mobil yang kamu kendarai ada yang bisa mengendarai mobil, lebih baik kamu bertukar posisi dengannya sehingga hal ini akan lebih efektif dan tidak membuang waktu kamu dan kamu juga bisa beristirahat di dalam mobil.

Kalaupun kamu merasa tidak yakin untuk berkendara sendiri, kamu bisa mencoba memilih menggunakan jasa sewa mobil sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika berkendara jauh.

Itulah tips yang bisa kamu gunakan, ingatlah kamu baru pertama kali berkendara jauh dan belum mengetahui kondisi jalan yang akan dilalui, sehingga dengan mempersiapkan diri itu akan membantu kamu untuk lebih siap nantinya.

Post Author: hairihasbi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *