Tips Menghasilkan Foto Makanan yang Menarik

Berkunjung ke destinasi wisata memang jadi alasan utama bagi mereka yang suka traveling. Namun tak hanya alasan destinasi wisata saja, alasan ingin berwisata kuliner juga jadi alasan selanjutnya. Bahkan bagi beberapa orang yang suka wisata kuliner, mereka rela cari travel tiket pesawat murah hingga ke berbagai penjuru dunia.

Salah satu contohnya adalah Mark Wiens, seorang travel food yang keliling dunia hanya untuk makan dan mencicipi kuliner-kuliner enak di berbagai pelosok negeri. Mark Wiens tak hanya pergi makan lalu pulang tanpa hasil apa pun, namun ia membagikan perjalanan wisata kulinernya dalam bentuk foto makanan di akun Instagram miliknya @migrtionology.

Foto makanan yang dihadirkan Mark Wiens dalam akun Instagramnya sungguh cantik dan mampu membuat siapa pun yang melihatnya ngiler. Untuk kamu yang ingin memfoto makanan yang bagus layaknya Mark Wiens, mungkin kamu bisa ikuti tips berikut ini:

 

  • Tidak perlu flash dan tripod

Untuk menghasilkan foto makanan yang bagus sebenarnya kamu tidak perlu banyak peralatan. Kamu hanya perlu menggunakan kamera atau kamera smartphone. Tidak perlu repot-repot mempersiapkan flash ataupun tripod, karena memotret kuliner akan lebih cantik jika menggunakan pencahayaan matahari karena akan lebih natural.

Jadi saat kamu sudah menemukan travel tiket pesawat online di Reservasi.com dan bersiap untuk traveling dan mencicip segala makanan enak, tidak perlu ya terlalu ribet menyiapkan banyak hal.

 

  • Pilih kamera mirrorless

Untuk kamu yang suka wisata kuliner dan suka foto makanan, ditambah ingin serius terjun di fotografi kuliner, sebaiknya menggunakan kamera mirrorless saja. Alasannya karena ukuran yang ringan dan kamu bisa mendapatkan hasil gambar yang setara dengan SLR.

 

  • Foto dahulu, lalu makan

Bagi mereka yang suka traveling sambil mencicipi makanan enak, pasti punya kebiasaan foto dahulu lalu makan kemudian. Untuk membuat foto kuliner yang bagus kuncinya kamu harus sabar dan tahan lapar karena kuliner yang sudah dicicipi biasanya akan terlihat kurang menarik, karena sudah diacak-acak dan dimakan.

 

  • Pintar memilih sudut pengambilan gambar

Layaknya manusia, kuliner juga punya sudut tertentu yang membuatnya terlihat cantik dan menarik. Maka dari itu kamu harus punya keahlian untuk pinta memilih angle atau sudut pengambilan gambar.

 

  • Perhatikan momen

Selain angle, momen juga penting untuk mendapatkan foto makanan yang menarik.  Carilah momen yang tepat agar kamu bisa mendapatkan foto makanan yang bagus. Misalkan kamu ingin mengambil foto makanan sate, setidaknya agar mendapatkan momen yang bagus kamu bisa foto bumbu kacang yang berlimpah ataupun saat momen memasak sate dengan latar bara api.

 

  • Persiapkan properti yang memadai

Jika memang kuliner yang akan kamu potret memang khusus untuk pemotretan, Kamu bisa memberikan warna unik dengan penambahan properti seperti piring saji yang cantik, sendok, teko, alas foto hingga background yang foto yang cocok.

Namun saat kamu traveling dan ingin mengambil gambar makanan, sebaiknya andalkan kemampuan memotret karena peralatan seperti sendok, teko, hingga piring cantik tidak mungkin bisa dibawa. Mereka hanya cocok untuk sesi pemotretan di rumah.

 

  • Persiapkan aplikasi edit foto untuk mempercantik hasil jepretan

Meskipun hasil foto sudah bagus, namun aplikasi edit foto sangat diperlukan untuk membuat foto menjadi lebih terlihat makin bagus. Kamu bisa menggunakan aplikasi edit kamera seperti Snapseed ataupun Vsco. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat hasil foto makanan kamu semakin bagus dan mampu membuat orang yang melihatnya ngiler.

Instgram food blogger yang mungkin bisa memberikan kamu inspirasi :

  • Julia Veronica dan Marius Tjenderasa @anakjajan

Pasangan ini lumayan sering mendapatkan banyak penghargaan, seperti Juara 1 Axis Blog Award 2012 dalam kategori Blog Kuliner, Nominasi Top 4 Influence Asia 2015 Indonesia dalam kategori food, Pemenang Blogger of the year di RCTI Social Media Award 2016, dan yang terbaru The Winner of Influence Asia 2017 dalam kategori makanan.

  • Stanislaus Hans Danial Subianto @Eatandtreats

Kecintaannya terhadap dunia kuliner dan fotografi digabung jadi satu hingga menjadi kesuksesan yang besar.

  • Jiewa Viery @Inijie

Jiewa atau yang lebih dikenal dengan panggilan koko Jie ini bekerja full time di kuliner dan fotografer makanan. Tak heran foto makanan yang dihasilkan kian apik.

  • Daisy Caroline dan Yu Kato @thefoodescape_id

Daisy merupakan seorang dokter yang memiliki hobi traveling dan suka mencoba semua makanan. Sedangkan, Kato seorang fotografer terkenal di dunia makanan. Jadi tak heran, keduanya sukses menjadi salah satu food blogger terkeren di Indonesia.

  • Mullie Marlna @myfunfoodiary

Awalnya, Mullie memulai menulis blog berbagi tentang kehidupan sehari-harinya dan resep masakan buatannya sendiri.

Jadi sudah tahu bukan cara untuk menghasilkan foto makanan yang menarik?

Bagi kamu yang ingin memulai untuk memotret makanan, kamu tidak perlu mengawalinya dengan memotret makanan-makanan mewah dan mahal, karena dari makanan yang biasa saja kamu bisa kok menghasilkan gambar yang luar biasa.

***

Untuk kamu yang sedang mencari travel tiket pesawat online ditambah travel tiket pesawat murah, kamu bisa temukan di Reservasi.com. Reservasi.com jadi salah satu travel tiket pesawat murah dan terpercaya!

Post Author: hairihasbi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *