Trik Menghindari Cyber Crime pada Tabungan

Sebagaimana yang telah diketahui secara umum bahwa kejahatan saat ini sudah bertambah canggih seiring dengan pesatnya teknologi yang digunakan masyarakat. Misalnya saja kejahatan yang menggunakan kemudahan teknologi digital dan internet. Saat ini banyak para black hecker yang melakukan kejahatannya dengan metode skimming atau malware untuk membobol sebuah tabungan di bank. Terutama sekali, para cyber crime akan lebih mudah menjalankan aksinya jika nasabah yang menjadi incarannya menggunakan layanan internet banking.

Skimming adalah aksi kejahatan dengan cara memasang alat pemindai data penting pada sebuah mesin ATM atau mesin EDC yang sering dijadikan alat untuk bertransaksi keuangan digital. Sementara malware yaitu cara membobol uang tabungan nasabah sebuah bank dengan cara membuat virus sehingga dapat mencuri data penting dari nasabah bank yang akan menjadi korbannya. Adapun solusi yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut adalah dengan melakukan transaksi ATM di mesin ATM yang ramai pengunjung. Atau dengan kata lain, jangan menggunakan mesin ATM yang diletakkan di tempat-tempat yang sepi karena mudah untuk dipasangi sejumlah alat-alata kejahatan. Begitupun dengan penggunaan internet banking disarankan untuk tidak mengunduh aplikasi internet banking secara sembarangan. Mintalah aolikasi aslinya sehingga benar-benar aman.

Salah satu bank yang menyediakan aplikasi internet banking yang resmi sehingga terjaga keamanannya adalah bank syariah yang merupakan salah satu bank syariah yang dikelola secara professional untuk menyediakan berbagai produk tabungan yang aman dan menguntungkan.

Ada beberapa hal yang dapat menimbulkan kerugian jika kamu menggunaan tabungan rencana. Beberapa faktor ini tidak akan muncul atau merugikan nasabah selama nasabah tersebut mengikuti ketentuan yang sudah dibuat, yaitu:

  1. Adanya ancaman denda 1-2% dari jumlah target tabungan yang kamu tentukan. Hal ini dapat terjadi jika kamu secara 3x berturut-turut tidak menyetorkan tabungan. Dan akhirnya secara otomatis tabunganmu akan ditutup oleh pihak bank.
  2. Jenis tabungan ini juga memiliki promo di awal pembayarannya. Namun ada sedikit kerugian yang terselip jika kamu mengikuti promo. Yaitu setoran awal yang masuk program promo akan secara otomatis dihapus jika kamu tidak setor dalam beberapa kali.

http://www.syariahbukopin.co.id/

Post Author: hairihasbi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *