Untung Rugi Kredit Tanpa Kartu Kredit Secara Online

Salah satu teman saya bercerita kalau dia bisa membeli beberapa barang elektronik bahkan smartphone dengan sangat mudah lewat fasilitas cicilan secara online. Fenomena perusahaan yang memberikan kredit tanpa kartu kredit secara umum seperti ini memang sudah cukup banyak.

Namun, sayangnya tidak banyak yang berpikir tentang untung rugi kredit tanpa kartu kredit secara online. Segala sesuatu pasti memiliki kelebihan dan juga kekurangannya termasuk ketika mengajukan kartu kredit ataupun pinjaman tanpa kartu kredit melalui perusahaan pembiayaan online sekalipun.

Untuk bisa mengetahui untung rugi kredit tanpa kartu kredit secara online lewat beberapa perusahaan pembiayaan, ada baiknya kamu menyimak beberapa hal berikut ini.

Pengajuan kredit lebih mudah daripada melalui bank

Pengajuan kredit secara online ada yang menggunakan formulir manual secara offline namun ada juga yang sudah lebih maju dan modern hanya dengan menggunakan aplikasi secara online.

Semua data yang dibutuhkan untuk mengajukan kredit ataupun cicilan tidak perlu dikirim secara tradisional melalui pos ataupun dikirim secara langsung, tetapi bisa di-submit dengan menggunakan aplikasi yang sudah disediakan.

Salah satu contoh adalah Kredivo. Dengan menggunakan aplikasi Kredivo yang bisa diunduh dari Google Play Store maupun dari App Store, kamu sudah bisa mengajukan cicilan hanya dengan mensubmit semua data-data yang dibutuhkan melalui aplikasi tersebut.

Kemudahan inilah yang dilirik oleh sebagian besar orang yang kerap kali malas untuk berurusan dengan birokrasi rumit seperti di Bank. Tentu saja ada perbedaan antara cara mengajukan pinjaman di bank dengan cara memberikan pinjaman secara online.

Kemudahan inilah yang menjadi salah satu keuntungan bagi kamu yang memang membutuhkan dana segar secepat mungkin baik untuk kebutuhan pribadi maupun untuk membeli beberapa barang seperti gadget secara online di beberapa marketplace yang ada di Indonesia.

Tidak perlu syarat ribet

Kemudahan pengajuan kredit melalui perusahaan pembiayaan online juga menjadi salah satu keunggulan yang tidak ditawarkan oleh perusahaan pembiayaan non bank konvensional.

Untuk bisa mengajukan pinjaman ini hanya dibutuhkan beberapa syarat-syarat tertentu saja misalnya seperti KTP, kartu keluarga, dan rekening koran sudah dianggap cukup sebagai salah satu dokumen prasyarat untuk mendapatkan pinjaman secara online.

Bahkan menurut beberapa data yang ada, kemampuan masyarakat untuk mencicil ternyata cukup besar, Namun, sayangnya peraturan ketat yang ditetapkan oleh bank menjadi salah satu hambatan bagi orang yang membutuhkan pinjaman

Perusahaan pembiayaan online seperti Kredivo inilah yang dijadikan sebagai solusi atau sebagai alternatif untuk mendapatkan pinjaman yang bisa disesuaikan dengan berbagai kebutuhan mulai dari memesan tiket pesawat, memesan hotel, memesan tiket kereta api, membayar pulsa listrik, sampai dengan membeli barang-barang elektronik maupun gadget yang dibutuhkan.

Cek di sini untuk mengetahui beberapa manfaat lain dari pembayaran menggunakan Kredivo.

Kredivo memang bukan satu-satunya yang menawarkan fasilitas ini, ada beberapa perusahaan pembiayaan lain yang juga memberikan kemudahan untuk mengajukan pinjaman. Misalnya saja seperti Akulaku, Tunaikita, Uangteman dan perusahaan teknologi finansial lainnya.

Namun demikian, Kredivo memiliki keunggulan soal suku bunga. Cicilan melalui Kredivo akan dikenai bunga 2,95% per bulan, jauh lebih rendah 50% dibandingkan dengan perusahaan pembiayaan lainnya yang bunganya bisa mencapai 5% per bulan, bahkan 1% per hari.

Selain itu, tenor yang diberikan oleh Kredivo pun dianggap lebih fleksibel, mulai dari 3, 6  sampai dengan 12 bulan. Kredivo juga punya opsi pembayaran dalam waktu 30 hari tanpa bunga. Skema ini bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik, tagihan telepon, sampai dengan beberapa kebutuhan harian lainnya dengan jumlah yang lebih kecil.

Bisa langsung membeli barang sesaat setelah disetujui

Keuntungan lain dengan menggunakan atau mendapatkan kemudahan cicilan dari perusahaan pembiayaan secara online adalah dapat langsung membeli barang secara online di beberapa marketplace yang sudah bekerja sama. Kredivo sendiri sudah bekerja sama dengan lebih dari 200 e-commerce yang terpecaya di Indonesia. Setelah mengajukan akun Kredivo, kamu gak perlu menunggu waktu lama untuk mendapat persetujuan. Kurang dari 24 jam, pengajuanmu bisa disetujui. Setelah itu, kamu bisa langsung belanja semua kebutuhanmu menggunakan Kredivo.

Bunga lebih tinggi dari bank

Di balik kelebihan perusahaan pembiayaan online tentu saja ada beberapa kekurangan ataupun kerugian yang perlu kamu ketahui. Yang paling kasat mata adalah suku bunga yang lebih tinggi daripada pinjaman di Bank. Jika bank mengenakan bunga sebesar 2,25%, perusahaan kredit online umumnya memberi bunga dengan jumlah yang lebih besar. Tapi sejauh yang saya lihat, bunga Kredivo yang paling rendah. Maka itu, kamu harus teliti ya, apalagi masalah bunga.

Biaya keterlambatan cicilan lebih besar

Seperti halnya suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan bunga pinjaman di bank, biaya keterlambatan pun dikenakan biaya atau bunga yang tinggi. Misalnya Kredivo memberikan denda bunga hingga 3% perbulannya.

Untuk itulah mengapa kamu harus bijak serta cerdas ketika memilih perusahaan pembiayaan online. Karena di balik kemudahan yang diberikan ada beberapa kelemahan yang perlu kamu sadari atau perlu kamu ketahui sebelumnya.

Selain itu sebelum kamu mengajukan kredit tanpa kartu kredit ada baiknya untuk melunasi hutang hutang yang ada sehingga tidak menambah beban hutang kembali yang akan mengganggu kondisi keuangan kamu sendiri.

Post Author: hairihasbi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *